Sabtu, 11 April 2009

APA SE KEMOTERAPI ITU?????????????

Dalam terapi kasus-kasus onkologi, istilah kemoterapi pasti sering kita dengar,..
Nah, sy akan mencoba memberi sedikit gambaran ttg kemoterapi.

Kemoterapi adalah terapi yang menggunakan agen-agen farmakologis untuk mengobati kasus-kasus keganasan atau penyakit proliferatif lain. Kemoterapi dapat diberikan secara infus intravena, atau injeksi intravena, bolus, per oral, atau intratekal. Kemoterapi dapat menggunakan satu macam atau kombinasi dari beberapa obat dengan cara kerja yg berbeda, namun yang lebih disukai adala agen-agen yg sinergistik, dengan toksisitas terbatas dan tdk tumpang tindih., tujuannya adalah supaya tidak terjadi resistensi obat.

Kemoterapi biasanya diberikan sebagai suatu siklus pengobatan beberapa hari setiap 3-6 minggu untuk memberika kesempatan kepada sel-sel normal untuk pulih dari toksisitas kemoterapi.

Efek samping kemoterapi :
Sebagian besar agen kemoterapi bersifat toksis pada sel-sel yang aktif membelah. seperti halnya sel maligna. Efek samping yang dapat muncul al:
- Gagal Sumsum tulang
- Mual dan muntah
- Mukositis, diare, nyeri abdomen
- Infertilitas krn kemoterapi bersifat sistemik sehingga dapat mengganggu fungsi fertilitas.
- Sindrom lisis tumor
- Hiperurisemia

Mekanisme kerja kemoterapi adalah dengan mempengaruhi sintesis atau perbaikan DNA dan meningkatkan apoptosis seluler. Detailny bisa dibaca lebih d textbook onkologi atau farmakologi y...:-)

Source : At a Glance Hematologi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar